11 Unit Mobil Damkar Dikerahkan Padamkan Kebakaran Pabrik di Lowanu

Sebuah kebakaran hebat terjadi melanda sebuah pabrik furnitur yang terletak di Jalan Lowanu 6872, Kelurahan Sorosutan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta  pada Kamis (12/5/2022). Sempat sulit dipadamkan, namun atas kerjasama tim pemadam kebakaran Kota Yogyakarta dibantu tim pemadam kebakaran lintas kabupaten/kota di DIY, api berhasil dipadamkan dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Laporan kebakaran diterima pada pukul 13.30 dari warga yang melihat api berkobar di lokasi kejadian. Atas laporan warga, Damkarmat Kota Yogyakarta memberangkatkan 2 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Api sudah membesar saat petugas sampai di lokasi kebakaran, api yang diduga dimulai dari kamar mess karyawan menjalar dengan cepat menghanguskan showroom, gudang, serta tempat produksi pabrik yang berisi bahan-bahan mudah terbakar seperti kayu, busa, karet.

Melihat situasi kebakaran yang meluas, Damkarmat Kota Yogyakarta mengirim tambahan armada sehingga total menjadi 6 unit mobil damkar yang dikerahkan terdiri dari 2 regu dari Mako Induk, 2 regu dari Pos Jl Kyai Mojo, serta pasukan cadangan. Selain itu tambahan pasukan juga datang dari Damkar Sleman yang mengirim 2 unit mobil damkar, Damkar Bantul 2 unit, serta 1 unit dari Damkar UGM, sehingga total ada 11 mobil damkar yang dikerahkan untuk memadamkan kebakaran.

Api yang sempat sulit dipadamkan akhirnya bisa dikendalikan oleh pasukan gabungan Damkar, dengan dibantu relawan Redkar, Sarsemesta, BKO, Linmas, Baguna DIY, Tagana, MRSI, TRC, URC, RAPI dll, serta didukung pengamanan dari TNI, POLRI, Satpol PP, dan bantuan kesehatan dari PMI DIY. Kerjasama semua pihak sangat diapresiasi dalam keberhasilan operasi pemadaman ini.

Dengan perjuangan tim Damakr dan kerjasama semua pihak membuat api mampu dikendalikan sehingga tidak meluas di bagian pabrik lainnya, sehingga sebagian besar area pabrik di bagian produksi masih bisa diselamatkan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, namun tercatat 1 karyawan mengalami luka ringan saat mencoba memadamkan api, beruntung saat kejadian tidak banyak karyawan yang sedang bekerja. Sementara, penyebab kebakaran dan total kerugian masih dalam proses investigasi pihak yang berwajib.

 

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Tempat usaha dan kantor dihimbau untuk menyiapkan sarana pencegahan kebakaran dan APAR untuk meminimalisir resiko dan kerugian akibat kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan maupun membutuhkan informasi dan edukasi tentang kebakaran di Yogyakarta dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. (anz)