Mobil Sempat Terperosok, Damkarmat Jogja Berhasil Padamkan Api di Pemukiman Sempit

Sebuah kasus kebakaran terjadi pada Kamis (2/6/2022) malam di Serangan NG 2 /176 RT 13 RW 2 Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta pada malah hari pukul 22.00. Kebakaran yang menimpa 2 KK di pemukiman padat penduduk dengan akses jalan sempit sempat menyulitkan petugas melakukan proses pemadaman. Atas kesigapan petugas pemadam dan kerjasama masyarakat yang baik, kebakaran dapat dikendalikan dalam waktu 1 jam.

Petugas yang mendapatkan info adanya kebakaran dari masyarakat langsung meluncur ke lokasi kebakaran setelah melakukan verifikasi informasi. 3 unit mobil pemadam kebakaran Kota Yogyakarta terjun untuk memadamkan api.

Sebelum terjun informasi dari masyarakat bahwa medan kebakaran berada di pemukiman yang sempit dan membutuhkan mobil yang kecil, 2 mobil pemadam kecil didukung 1 mobil pemadam besar pun akhirnya dikirim. Benar saja, mobil pemadam besar memang tidak dapat masuk ke pemukiman dan menjadi pendukung, sedangkan 2 mobil kecil yang masuk ke pemukiman juga mengalami kesulitan pada jalan yang rapuh, mobil terperosok sehingga menyulitkan proses pemadaman.

Namun, atas kesigapan petugas yang dibantu Damkar UGM, BPBD Kota Yogyakarta, relawan dan kerjasama elemen masyarakat di lokasi kejadian, si jago merah dapat ditaklukkan, sehingga tidak menimbulkan kerugian lebih banyak dan tidak meluas di rumah lain. Terdata 2 KK yang terdampak kebakaran, sedangkan sumber penyebab kebakaran masih didalami. 

Kami terus menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan maupun membutuhkan informasi dan edukasi tentang kebakaran di Yogyakarta dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. (anz)