Aksi Damkarmat Jogja Lepaskan Jari Mahasiswa Terjepit Kursi Jadi Perhatian Publik

Petugas Damkarmat selalu siap sedia melakukan aksi operasi pemadaman kebakaran maupun penyelamatan di wilayah Kota Yogyakarta kapanpun dibutuhkan. Berbagai aksi penyelamatan mulai dari yang biasa seperti evakuasi binatang berbahaya, evakuasi cincin, hingga evakuasi sarang tawon sudah sering dilakukan, tak jarang beberapa aksi penyelamatan dilakukan terhadap hal yang kurang biasa dan nampak sepele bahkan lucu, seperti yang terjadi pada Selasa (31/5/2022).

Petugas Damkarmat Jogja pada sore hari itu mendapat telepon dari masyarakat yang membutuhkan bantuan melepaskan jari mahasiswa yang terjepit lubang kursi besi di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Satu regu pasukan penyelamatan langsung meluncur ke kampus UIN yang menjadi lokasi kejadian, tepatnya di gedung Student Centre. Ketika petugas datang, mahasiswa yang membutuhkan bantuan, masih terjebak jarinya di lubang kursi besi. Wajah kesakitan campur malu dan geli campur aduk pada korban dan rekan-rekannya.

Petugas penyelamat yang dikirimkan langsung mengatur strategi bagaimana cara melepaskan jari mahasiswi yang terjepit dengan selamat tanpa melukai. Ini adalah kali pertama Damkarmat Jogja menemui kasus penyelamatan sejenis. Sebelumnya, Damkarmat Jogja sudah sering melakukan evakuasi jari yang tidak bisa lepas dari cincin yang sudah sesak, dengan memotong cincin dengan gerinda kecil, namun kasus kali ini berbeda dan memiliki tantangan tersendiri karena kursi besi yang besar tentu tidak bisa dengan fleksibel dipindah-pindah seperti cincin.

Dengan hati-hati, petugas melakukan evakuasi dengan memotong bagian kursi untuk membuat lubang yang menjepit lebih lebar sehingga jari bisa lebih mudah keluar, jari tidak dapat keluar karena meulai membengkak, dari informasi didapatkan bahwa mahasiswa yang menjaid korban, secara iseng memasukkan jari-jarinya ke lubang kursi besi sembari mengobrol, namun saat akan dilepas, satu jari sulit terbebas dari lubang, selama hampir dua jam mencoba dilepaskan sendiri dengan bantuan mahasiswa lainnya sebelum akhirnya menghubungi Damkarmat Jogja untuk minta bantuan. Penyelamatan jari yang terjepit oleh Damkarmat membutuhkan waktu sekitar satu jam, meski nampak lelah dan sedikit nyeri karena jarinya terjepit lama, mahasiswi yang diselamatkan juga terlihat senang.

Aksi penyelamatan jari terjepit kursi yang dilakukan Damkarmat Jogja ternyata menarik perhatian publik cukup luas, melalui live di instagram banyak warganet yang turut menyaksikan aksi penyelamatan, tak hanya itu, beberapa media lokal dan nasional mengangkat aksi yang dilakukan petugas dalam berita. Bahkan beberapa media internasional juga mengangkat aksi Damkarmat Jogja dalam artikel berbahasa Inggris. 

Aksi ini menjadi bukti Damkarmat Jogja selalu siap memberikan layanan kepada masyarakat Kota Yogyakarta beruapa pemadaman kebakaran maupun penyelamatan selama 24 jam. Damkarmat Jogja berupaya selalu menjadi sahabat terdekat masyarakat Kota Yogyakarta dan Kebanggaan Kota Yogyakarta. Jangan ragu untuk menguhubungi kami jika membutuhkan bantuan penyelamatan maupun pemadaman kebakaran, semua layanan Damkarmat gratis tanpa dipungut biaya.

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113