Damkarmat Jogja 144 Kali Lakukan OTT Sejak Awal Tahun

Beragam aksi pemadaman kebakaran dan penyelamatan telah dilakukan Damkarmat Kota Yogyakarta sejak awal tahun 2022 hingga bulan Mei 2022. Berdasarkan permintaan bantuan dari masyarakat, ternyata operasi terbanyak adalah operasi penyelamatan (rescue) berupa Operasi Tangkap Tawon (OTT), melebihi operasi pemadaman kebakaran, operasi penangkapan ular, dan lainnya.

Data yang dihimpun Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta, menunjukkan aksi paling banyak yang dilakukan berupa operasi evakuasi sarang tawon atau operasi tangkap tawon (OTT) sejumlah 144 kali,disusul operasi pemadaman kebakaran yang terbagi dalam 21 kali pemadaman di dalam kota Yogyakarta, dan 27 kali pemadaman di luar wilayah Kota Yogyakarta.

Selanjutnya, evakuasi binatang berbahaya jenis reptil seperti ular dan biawak dilakukan sebanyak 29 kali, diikuti pelepasan cincin dari jari warga yang membengkak juga lumayan banyak sebanyak 24 kali. Selain melakukan penyelamatan untuk mengindarkan manusia dari bahaya, petugas Damkarmat juga membantu warga untuk mengevakuasi binatang peliharaan berupa kucing sebanyak 17 kali. Petugas Damkarmat juga turut serta dalam operasi penyelamatan darat dan air sebanyak 2 kali. Ditambah 21 kali operasi lain-lain berupa pengamanan atau penyelamatan khusus.

Hal ini tentu menjadi kewaspadaan kita bersama, meskipun tawon adalah hewan yang kecil, kebanyakan spesies yang dievakuasi merupakan tawon ndas atau tawon vespa yang bisa membahayakan keselamatan bahkan nyawa manusia jika terganggu dan menyerang. Karena itu, petugas Damkarmat sudah melengkapi diri dengan pakaian khusus evakuasi tawon ketika bertugas, sehingga masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja ketika menemui kebakaran atau hal membahayakan lainnya yang membutuhkan bantuan petugas Damkarmat. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113