Damkarmat Jogja Kuatkan Keterampilan Evakuasi Ular

Pasukan pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta melakukan latihan penguatan keterampilan dalam melakukan penangkapan ular pada Rabu (6/8/2022) di Mako Induk Damkarmat Balaikota Yogyakarta. Pelatihan ini dilakukan mengingat tugas penyelamatan yang banyak dibutuhkan masyarakat salah satunya adalah penangkapan ular di wilayah Kota Yogyakarta.

Pada tahun 2022 ini, sejak awal tahun saja tercatat 29 kali Damkarmat Jogja melakukan evakuasi ular dan biawak berdasarkan laporan masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini, setiap pasukan Damkarmat Jogja diharapkan memiliki keterampilan yang mumpuni dalam memberikan layanan penyelamatan kepada masyarakat untuk menghindarkan masyarakat dari bahaya, serta memiliki teknik yang benar dan aman pula dalam beraksi menangkap ular. "Dengan punya pengetahuan, asal sesuai prosedur, sesuai aturan pasti aman, dan resiko untuk petugas Damkarmat dapat diminimalkan" ungkap Kasi Penyelamatan dan Penanganan B3 Dinas Damkarmat Jogja, Bpk Timur DiIliyanto J.A.

Dalam pelatihan yang dikemas dalam agenda Rabu Pintar ini tiga anggota Damkarmat yaitu sudara Marendra, Sunaryo, dan Argo menjadi instruktur dan diikuti sekitar 50 pasukan Damkarmat Jogja. Dalam pelatihan ini saudara Marendra menjelaskan bahwa dalam penanganan ular ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, petugas perlu memiliki pengetahuan tentang jenis ular, yaitu mana ular yang memiliki bisa tinggi, mana yang memiliki bisa menengah, dan mana yang tidak berbisa. "Sebenarnya hanya sekitar 15 persen ular di Indonesia yang memiliki bisa tinggi, lainnya berbisa menengah atau tidak berbisa," jelas Marendra.

Kedua, petugas harus mengenal karakter-karakter ular, karena setiap jenis memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang berkarakter agresif, cepat, maupun pelan. Yang ketiga, petugas juga perlu memahami ukuran ular, karena dalam penanganan ular yang kecil akan sangat berbeda dengan menangani ular berukuran besar.

Tidak hanya membahas teori, dalam pelatihan ini petugas juga mempraktekkan secara langsung cara menangkap ular dengan jenis yang berbeda-beda. Mulai dari ular berukuran kecil yang dapat ditangkap menggunakan perlatan sederhana yang ada di rumah semisal botol, sapu dan serok sampah. Penangkapan ular berbisa, ular yang bergerak lincah dan juga penangkapan ular berukuran besar. 

Pasukan Damkarmat mengikuti dengan antusias pelatihan ini. Dengan pelatihan ini, para pasukan makin memiliki kemampuan yang terasah jika nantinya mendapat panggilan tugas dari masyarakat untuk mengevakuasi ular yang masuk ke rumah. Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui bahaya ular maupun kedaruratan lainnya. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam evakuasi ular maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113