2,5 Jam Petugas Damkarmat Berusaha Bebaskan  Jari Terjepit Lubang Piston

Petugas Damkarmat kembali melakukan kasus penyelamatan unik pada Jumat (10/6/2022) sore. Sekitar pukul 16.00 datang seorang karyawan swasta ke Pos Pemadam Kebakaran Jl Kyai Mojo, Yogyakarta. Warga tersebut, datang dengan jari tangannya terjebak pada sebuah benda besi yang merupakan piston alat produksi.

Menurut keterangan pelapor, kasus tersebut terjadi saat pelapor sedang melakukan perawatan pembersihan mesin. Pelapor menggunakan jari untuk mengambil seal yang ada dalam piston. Sayangnya ternyata malah jarinya terjepit dalam lubang piston dan tidak bisa keluar. Sempat mengusahakan untuk melepas sendiri. Akhirnya pelapor menuju Pos Damkar Mojo untuk meminta bantuan.

Setiba di Pos Damkar Mojo, ternyata tidak mudah bagi petugas untuk melepaskan jari dari jepitan piston itu. Petugas Damkarmat Jogja sudah sering melakukan penyelamatan jari sulit lepas dari cincin, namun kali ini berbeda karena besi piston itu cukup tebal dan solid. Menggunakan gergaji kecil agar tidak melukai tangan pelapor, beberapa kali pelepasan dilakukan namun tidak juga lepas, hingga akhirnya piston terlepas dari jari setelah upaya selama 2,5 jam oleh tim Damkarmat Jogja.

Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya seperti jari terjebak di atas, hewan berbahaya, dll. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113