Berangkat Pengamanan Tamu Negara, Mobil Damkar Jogja dicegat Untuk Padamkan Kebakaran di Baciro

Kondisi kedaruratan kebakaran harus didahulukan untuk ditanggulangi agar tidak makin parah, meskipun petugas Damkarmat tengah menjalani tugas lain. Seperti yang dialami regu Damkarmat Jogja yang pada Kamis (16/5/2022) malam ketika tengah berangkat menuju lokasi pengamanan tamu negara, di tengah jalan mendapat informasi adanya kebakaran dari warga. 

Komandan regu Damkarmat Edwin Setiawan menjelaskan ketika dalam perjalanan ke lokasi pengamanan di sebuah hotel di wilayah Kemantren Jetis, mobil pemadam kebakaran disusul oleh sepeda motor warga yang memberi informasi adanya kebakaran dan meminta bantuan pemadaman. "Jadi kita penanganan dahulu." ujar Edwin.

Kebakaran terjadi tepatnya di Gendeng GK 454 RT 66 RW 17, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta di rumah bapak Hari Suparjo. Ketika petugas datang, di bangunan yang berfungsi sebagai kos-kosan tersebut api sudah lumayan membesar. Untuk mempercepat pemadaman, dua unit mobil pemadam Kota Yogyakarta menyusul untuk membantu.

Setelah berjibaku selama kurang lebih 1 jam, akhirnya kebakaran berhasil dipadamkan. Penyebab kebakaran masih didalami, dugaan sementara akibat korsleting listrik, akibat adanya kebakaran ini pemilik bangunan mengalami kerugian ditaksir mancapai 30 juta rupiah.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan maupun membutuhkan informasi dan edukasi tentang kebakaran di Yogyakarta dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.