Kebakaran Pagi Buta di Pemukiman Padat Notoyudan, Pemadaman Terbantu Hydran

Sebuah kebakaran terjadi menimpa hunian yang terletak di Notoyudan, Pringgokusuman, Gedongtengen pada Minggu (3/7/2022) dini hari. Api cukup besar dan lokasi kebakaran di pemukiman padat sempat menyulitkan personil Damkarmat sebelum api berhasil dijinakkan. 

Laporan diterima oleh Pos Mako Induk Damkarmat Yogyakarta lewat telepon pada pukul 02.45 dini hari. 4 unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Namun, sampai di lokasi kejadian, pasukan pemadam menemui kendala dikarenakan rumah yang terbakar berada di daerah padat penduduk dan berada di gang sempit sehingga tidak memungkinkan mobil pemadam masuk. 

Beruntung adanya hydran kampung yang berfungsi baik di kampung lokasi kejadian dapat membantu petugas dalam melakukan pemadaman di medan yang sulit ini, sehingga pasokan air dan penggunaan selang bisa lebih mudah dan optimal dalam pemadaman. Meski begitu tantangan lain juga dihadapi dari listrik lokasi kejadian yang masih mengalir sehingga dapat membahayakan petugas maupun warga dalam pemadaman. 

Meski menghadapi kendala, setelah berjibaku selama 2 jam, akhirnya api berhasil dijinakkan dengan kerjasama yang baik dari petugas Damkarmat Jogja yang dibantu Damkar Sleman, Redkar dan warga,  sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih parah atau meluas ke area lain. 

Kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa, meski dampak kebakaran pada rumah cukup parah, dan menimbulkan kerugian. Kebakaran ini diduga terjadi karena hubungan pendek arus listrik, meski begitu masih tetap didalami pihak yang berwajib. 

Kami terus menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal masing-masing, waspadai penyebab kebakaran seperti kelistrikan. 

Melihat kasus kebakaran ini, dimana adanya hydran sangat membantu pemadaman api di pemukiman yang sulit dijangkau, kami juga menghimbau peran serta masyarakat untuk turut merawat dan menjaga keberadaan hydran di pemukiman masing-masing jika ada, demi keselamatan bersama. 

Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan maupun membutuhkan informasi dan edukasi tentang kebakaran di Yogyakarta dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. (anz)