Damkarmat Jogja Evakuasi Sapi Kurban Terjatuh di Lubang Penyembelihan

Di hari raya Idul Adha 1443 H, pasukan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta tetap siaga untuk melakukan tugas panggilan pemadaman kebakaran maupun penyelamatan. Seperti yang terjadi pada Minggu (10/7/2022), Pos Damkarmat Jl Kyai Mojo didatangi takmir Masjid Noor Pakuningratan yang meminta tolong mengevakuasi sapi kurban yang tercebur dalam lubang sedalam +- 2 meter.

Sapi yang sedianya akan disembelih untuk kurban tersebut dikabarkan memberontak ketika akan dibawa ke tempat khusus penyembelihan oleh warga, warga yang memegang dan mengarahkan sapi tersebut tidak mampu menahan tenaga sapi yang besar, sehingga sapi yang bergerak tak terkendali justru masuk tercebur lubang yang sedianya digunakan untuk mengalirkan darah dari sembelihan.

Satu regu yang dikirimkan untuk melakukan evakuasi sapi membutuhkan waktu 1,5 jam dengan menggunakan bantuan peralatan derek yang biasa untuk menderek mobil sehingga sapi dapat diangkat dari lubang yang selanjutnya bisa kembali jalani proses penyembelihan untuk kurban.

Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya seperti hewan terjebak atas, hewan berbahaya, dll. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113