Persiapan Upacara HUT RI Ke 77,  Damkarmat Jogja Pasang Tali Tiang Bendera di Balaikota dengan Fire Ladder

Tak Terasa sebentar lagi kita akan menginjak bulan kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Bulan Agustus. Pemerintah Kota Yogyakarta bersiap kembali menggelar upacara HUT RI di lapangan Balaikota yang sudah 2 tahun berlangsung secara terbatas karena pandemi covid.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan terlibat dalam persiapan tersebut dengan memasang tali pada tiang bendera yang baru terpasang di halaman Balaikota Yogyakarta. Tiang Bendera besar dengan tinggi kurang lebih 17 meter, hampir seperti tiang bendera yang terpasang di Istana Merdeka.

Dengan kondisi tiang yang tinggi dan bukan berjenis bongkar pasang, membutuhkan pemasangan khusus. Menggunakan mobil truk pemadam kebakaran dengan Fire Ladder atau tangga pemadam setinggi maksimal 32 meter. Truk pemadam dengan fire ladder tersebut memang dikhususkan untuk membantu pemadaman maupun penyelamatan di tempat tinggi seperti gedung bertingkat.

Truk pemadam tersebut juga bisa digunakan pada operasi khusus seperti pemasangan tali di tiang bendera yang tertinggi di Kota Yogyakarta ini. Mobil dengan teknologi hidrolik ini mampu membawa secara otomatis petugas ke puncak tangga dengan cepat dan aman, sehingga 2 petugas yang memasang bisa menyelesaikan tugasnya dengan cepat. Selain melakukan pemasangan tali tiang bendera, mobil pemadam kebakaran juga dilibatkan untuk menyiram jalanan sekitar lapangan balaikota yang digunakan latihan oleh paskibraka.