Kebakaran Regulator Kompor LPG di Warungboto, 1 Orang Luka Ringan

Kebakaran kecil terjadi pada Jumat (29/7/2022) di Jl Dr Soepomo, Warungboto, Umbulharjo pada pukul 8.30 pagi. Kebakaran yang diakibatkan kebocoran regulator gas di dapur warga tergolong kecil namun sempat membuat penghuni rumah mengalami luka bakar ringan.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta yang mendapat laporan kebakaran langsung meluncur ke lokasi untuk memberikan pertolongan. Sampai di lokasi lidah api masih menyala dari tabung gas dan langsung bisa dipadamkan dengan alat sederhana kain yang dibasahi. Penghuni rumah yang mendapat luka bakar ringan di tangan juga langsung diberi pertolongan pertama oleh tim medis PSC 119 Kota Yogyakarta.

Selain memberikan pemadaman api, petugas Damkarmat juga melakukan edukasi kepada warga dan penghuni rumah untuk mengatasi kebakaran serupa jika terjadi kembali di kemudian hari. Meski sebenarnya merupakan kebakaran yang kecil dan bisa diatasi dengan alat sederhana, jika tidak segera ditanggulangi dengan benar api bisa merambat membesar maupun melukai warga. 

Pada intinya, masyarakat jangan sampai panik ketika menemui kebakaran kompor karena kebocoran gas elpiji, selama api belum membesar dan baru keluar dari kompor atau tabungnya, api dapat dipadamkan dengan alat sederhana seperti kain pel, goni, keset yang dibasahi air untuk kemudian ditutupkan ke sumber api. Cara tersebut berfungsi untuk membatasi aliran  oksigen ke sumber api sehingga api bisa padam. Namun jika api mulai membesar dan tidak bisa ditanggulangi sendiri, segeralah menghubungi pemadam kebakaran.

Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113