Damkarmat Jogja Padamkan Api Tak Terkendali yang Nyaris Sambar Hotel karena Pembakaran Sarang Tawon

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damakarmat) Kota Yogyakarta melakukan pemadaman kebakaran dedaunan kering yang tidak terkendali pada Senin (1/8/2022) di Jl Ipda Tut Harsono, Muja Muju, Umbulharjo. Api sempat membumbung tinggi dan nyaris menyambar sebuah hotel yang bersebelahan dengan titik api.

Dari keterangan warga, kejadian tersebut bermula dari inisiatif warga untuk membakar sarang tawon di pagar belakang hotel yang ditanami tanaman kering. Sarang tawon sudah berhasil dibakar namun api justru juga membakar dedaunan tanaman kering yang kemudian membesar tak terkendali. DItakutkan api makin membesar dan merembet ke bangunan hotel maupun pemukiman.

Petugas Dinas Damkarmat yang mendapat panggilan sekitar pukul 19.38 langsung menerjunkan satu regu pasukan dan dalam waktu kurang dari 20 menit api berhasil dipadamkan sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang berarti.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan maupun  di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya termasuk evakuasi tawon dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.