Damkarmat Jogja Bantu Pemadaman Kebakaran Gudang Mebel Disebabkan Pembakaran Sampah di Gamping

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta mendapat laporan adanya kebakaran pada Selasa (2/8/2022). Warga yang melapor mengabarkan adanya kebakaran bangunan gudang di wilayah Jalan Kabupaten, Tlogotirto, Gamping, Sleman. Mendapat laporan warga, Pos Damkarmat terdekat yang berada di Jl Kyai Mojo langsung meluncurkan 2 mobil pemadam kebakaran.

Mengingat wilayah kebakaran berada di Kabupaten Sleman, petugas Damkarmat Kota Yogyakarta memberi informasi ke Damkar Sleman yang juga mengirimkan empat armada pemadam kebakaran, kebakaran cukup cepat membesar karena kondisi bangunan merupakan gudang mebel yang berisi banyak kayu dan bahan thinner yang mudah terbakar.

Kebakaran akhirnya berhasil dikendalikan dalam 40 menit setelah kerjasama personil Damkar Sleman, dibantu Damkarmat Kota Yogyakarta ditambah 1 armada Damkar UGM turun tangan memadamkan api, sehingga tidak makin meluas ke bangunan lain dan menimbulkan kerugian lebih besar.

Berdasrakan informasi awal, diduga sumber api berasal dari pembakaran sampah yang terletak di halaman belakang gudang pada sore hari yang tidak diawasi. Api ternyata membesar dan menjalar ke gudang yang berisi banyak kayu dan bahan yang mudah terbakar, hingga diketahui warga pada pukul delapan malam.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Waspadalah jika melakukan pembakaran sampah, jauhkan nyala api dari dedaunan kering dan kayu atau bahan yang mudah terbakar, selalu awasi hingga api padam. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.