Dapat Panggilan Evakuasi Ular Jam Tiga Dini Hari, Damkarmat Jogja Tangkap Ular Cicak di Bener

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta selalu siap sedia 24 jam memberikan layanan memenuhi permintaan warga Yogyakarta baik dalam operasi pemadaman kebakaran maupun penyelamatan. Seperti yang terjadi pada Kamis (4/8/2022), petugas di Pos Jl Kyai Mojo mendapatkan permintaan tolong warga pada pukul 3.30 dini hari untuk menangkap ular yang dicurigai warga berada di dalam rumah.

Satu regu tim rescue dari pos Jl Kyai Mojo langsung meluncur ke lokasi rumah warga di Jl Sidomulyo, Bener, Tegalrejo yang letaknya tak jauh dari pos Damkarmat. Dari laporan penghuni rumah, ular sempat terlihat namun menghilang di tumpukan barang-barang yang berada di rumah. Petugas perlu membongkar barang dan tumpukan-tumpukan di dalamnya untuk mencari ular, dan akhirnya ular berhasil ditemukan dalam tumpukan barang. Ular kemudian dapat ditangkap dengan tangan dan dimasukkan ke dalam botol.

Ular dengan ukuran sedang berwarna hitam kecoklatan yang ditangkap ternyata berjenis ular cicak (Lycodon capucinus). Ular cicak atau ular genteng ini adalah salah satu jenis ular yang banyak ditangkap oleh tim Damkarmat Kota Yogyakarta di hunian warga, jenis ular ini memang habitatnya banyak tinggal di hunian manusia hingga bisa berada di atap dan ditemui memangsa cicak, sehingga diberi nama ular cicak. 

Ular cicak sebenarnya termasuk jenis ular yang tidak berbisa, namun gigitannya tetap cukup berbahaya. Ular yang tidak berbisa sebenarnya bisa ditangani oleh masyarakat jika menemui dengan tetap waspada, masyarakat bisa menggunakan peralatan yang berada di rumah seperti sapu dan pengki untuk menangkap ular dan menjauhkannya dari rumah. Meski begitu, jika tidak yakin tentang jenis ular yang dihadapi, ada baiknya tetap berhati-hati dan bisa menghubungi Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113