Angka Kebakaran Kota Jogja di Bulan Juli Tercatat Meningkat, Tingkatkan Kewaspadaan

Angka kebakaran dalam kota Yogyakarta di bulan Juli tahun 2022 terhitung relatif lebih tinggi dari bulan-bulan sebelumnya pada tahun yang sama. Meningkatnya jumlah kebakaran tersebut dilihat dari segi kuantitas maupun skala kebakarannya.

Dari data yang dihimpun Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta, pada bulan Juli 2022 terjadi 11 kali operasi pemadaman dalam kota yang dibandingkan dengan total dari awal tahun sebanyak 37 kali kejadian kebakaran.

Dari segi keparahan kebakaran terdapat tiga tempat tinggal yang mengalami kerusakan parah karena kebakaran, masing-masing di kampung Notoyudan, Kricak, dan Tegalpanggung. Masalah kelistrikan menjadi pemicu dominan kebakaran yang terjadi, di samping penyebab karena kerusakan atau kesalahan penggunaan bahan bakar gas dalam memasak maupun tempat usaha. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam berbagai kasus kebakaran yang terjadi.

Selain peningkatan kasus kebakaran dalam kota yang terjadi pada bulan Juli 2022, tercatat pula 9 kali operasi pemadam luar kota, 7 kali evakuasi sarang tawon, 7 kali evakuasi kucing, 2 kali pelepasan cincin, dan 3 operasi lainnya yang dilaksanakan oleh petugas Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta.

Melihat peningkatan angka kebakaran ini, Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Selalu pantai kelistrikan maupun kompor jika akan ditinggal, cek juga keamanan dan kelayakan peralatan listrik serta memasak. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan maupun  di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.