Kebakaran Mobil di Jl Menteri Supeno Mampu Dipadamkan dengan APAR

Sebuah kebakaran menimpa kendaraan yang di Jl Menteri Supeno, Umbulharjo pada Sabtu (6/8/2022) sekitar pukul 13.00. Diduga karena terjadi korsleting listrik, asap dan api keluar dari kap mesin dan nyaris menghanguskan seluruh mobil.

Pemilik mobil Ibu Dita warga Banguntapan dan warga sekitar jalan yang melihat kemudian segera menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta untuk dilakukan pemadaman. Satu regu Damkarmat Jogja langsung meluncur untuk melakukan pemadaman.

Sesampainya di lokasi kebakaran, api bisa dengan cepat dilakukan pemadaman oleh warga sekitar mobil yang terbakar dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ada di rumah makan, terlebih api belum merembet ke bagian mobil lainnya dan baru membakar bagian mesin. Petugas Damkarmat yang datang melakukan pendinginan dan memastikan api benar-benar padam. Patut diapresiasi pekerja dan warga sekitar yang sigap melakukan pemadaman dengan APAR sehingga api tidak meluas.

Dengan dipadamkannya api di bagian mesin sehingga tidak sampai menghanguskan keseluruhan bagian mobil, kerusakan dan kerugian yang lebih besar bisa dicegah. Meski begitu, kebakaran yang menimpa mobil tetap menimbulkan kerugian rupiah yang tidak sedikit. Karena itu , Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran termasuk bahaya kebakaran pada kendaraan, pastikan kondisi mesin dan kelistrikan mobil anda baik. Akan lebih baik jika pemilik mobil menyiapkan APAR kecil di kendaraan masing-masing untuk mengantisipasi kebakaran yang tidak diinginkan. Adanya APAR di mobil akan membantu memadamkan api jika muncul sebelum membesar. Namun, jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya segera menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.