Damkarmat Jogja Panjat Pohon Beringin Alun-Alun Selatan Tengah Malam untuk  Evakuasi Drone

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta mendapatkan panggilan permintaan evakuasi pada Sabtu (6/8/2022) pukul 01.30 WIB tengah malam. Bukan hewan atau manusia yang diminta untuk dilakukan evakuasi, namun sebuah drone.

Pemilik drone tersebut adalah mahasiswa yang terngah beraktivitas dengan drone di alun-alun selatan Keraton Yogyakarta. Diduga drone saat sedang mengudara mengalami kendala hilang jaringan dengan alat pengontrol di bawah sehingga terbang tak terkendali dan menyangkut di salah satu pohon beringin yang terletak di alun-alun.

Berupaya menurunkan sendiri drone tersebut namun dirasa tidak bisa, pemilik drone kemudian menghubungi Dinas Damkarmat Jogja untuk meminta pertolongan. Satu regu tim rescue Damkarmat Jogja langsung terjun membantu evakuasi. Meski tidak membahayakan keselamatan manusia maupun hewan, peralatan teknologi yang diminta evakuasi tentu berharga dan digunakan untuk pekerjaan maupun pendidikan, apalagi jika pemohon memanjat sendiri tanpa pengaman tentu berbahaya.

Dalam evakuasi tersebut petugas perlu memanjat pohon beringin dimana drone tersebut tersangkut. Sekitar 1 jam petugas berhasil menurunkan drone tersebut untuk diserahkan kepada pemiliknya. 

Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113