Mobil Sedan Terbakar di Gondomanan Dipadamkan Damkarmat Jogja

Sebuah mobil sedan terbakar di sebuah lahan kosong di Gondomanan, Kota Yogyakarta pada Minggu (14/8/2022) siang. Pasukan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) yang dipanggil berhasil memadamkan kebakaran dengan cepat.

Dinas Damkarmat Jogja mendapatkan laporan sekitar pukul 12.30 siang yang kemudian satu regu pasukan pemadam langsung meluncur dengan mobil pemadam ke lokasi kejadian yang terletak di Gondomanan GM II RT 42/13 Prawirodirjan, Kota Yogyakarta.

Sampai di lokasi kejadian, mobil berjenis sedan dan berwarna putih tersebut sudah terbakar cukup banyak di bagian kabin dan mesin, dengan menggunakan air dari mobil pemadam, kebakaran mobil tersebut dapat ditangani oleh petugas dalam waktu sekitar 10 menit.

Meski bisa dipadamkan, kebakaran tersebut cukup banyak merusak mobil, kerugian yang dialami pemilik diduga puluhan juta rupiah, sedangkan untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui. Kami menghimbau pemilik mobil tetap mewaspadai potensi bahaya kebakaran kendaraan.

Kebakaran mobil adalah salah satu kasus kebakaran yang ditemui dalam operasi Damkarmat Kota Yogyakarta. Pada bulan Agustus 2022 saja paling tidak ada 3 kasus kebakaran mobil yang dilaporkan. Adanya kebakaran mobil tentunya bisa membahayakan keselamatan dan jiwa pengendara dan penumpang, serta bisa menimbulkan kerugian yang besar. Sehingga, pemilik mobil perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi dan mencegah kebakaran mobil agar tidak menimbulkan kerugian yang makin besar.

Sangat disarankan agar dalam kendaraan mobil tersedia alat pemadam api ringan (APAR) kecil khusus mobil yang dapat menjadi alat pertolongan pertama untuk mengatasi kebakaran mobil sebelum api membesar, sembari menunggu bantuan dari pemadam kebakaran datang. 

Namun, jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya segera menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.