Peringati Detik-Detik Proklamasi, Mobil Damkarmat Jogja Bunyikan Sirine di 5 Titik

Memperingati peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada Rabu (17/8/2022) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diagendakan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dimana diselenggarakan upacara bendera pada Rabu pagi di Balaikota Yogyakarta, petugas Damkarmat Jogja turut meramaikannya di tengah-tengah masyarakat dengan melakukan pembunyian sirine mobil damkar tepat pada waktu dibacakan teks proklamasi yaitu pukul 10.00 WIB.

Terdapat lima titik dimana mobil damkar disiagakan untuk membunyikan sirine yaitu di Balaikota Yogyakarta, Pos Damkarmat Jl Kyai Mojo, Tugu Pal Putih Jogja, Teteg Malioboro, dan Titik Nol Kilometer Jogja. Setelah pembunyian sirine, turut diputar pula suara pembacaan proklamasi oleh Proklamator Soekarno-Hatta. Dalam penyalaan sirine peringatan dan pemutaran pembacaan teks proklamasi, sejumlah warga masyarakat yang berada di titik-titik tersebut turut berdiri dengan khidmat untuk memperingati bebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan dan mengenang jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan kita.

Selain pembunyian sirine di tiga titik Kota Yogyakarta, pasukan Damkarmat Jogja juga mengikuti upaca penurunan bendera di Balaikota Yogyakarta pada Rabu sore. Pada peringatan kemerdekaan tahun ini, untuk pertama kalinya sejak dua tahun masa pandemi Covid-19 mulai digelar kembali secara normal. Dalam tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", Damkarmat Jogja turut menjadikannya spirit untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih optimal, seperti semangat para pahlawan yang berjuang untuk rakyat Indonesia.