Latihan Kesiapsiagaan Pasukan Pemadam, Tingkatkan Kesigapan Tangani Kebakaran

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta menggelar latihan kesiapsiagaan pasukan pada Senin (22/8/2022) sore di Pos Induk Balaikota Yogyakarta. Diikuti oleh regu yang tengah jaga piket hari itu untuk meningkatkan keterampilan dan kecepatan pasukan pemadam ketika harus memadamkan kebakaran.

Latihan kesiapsiagaan kali ini merupakan yang pertama dari yang akan diagendakan bidang untuk makin meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam hal kedaruratan penanganan kebakaran. Dalam latihan ini petugas melakukan drill untuk menguji kecepatan dalam kesiapan personil, armada, dan peralatan ketika mendapat informasi adanya kebakaran, serta kecepatan dalam munuju lokasi kebakaran yang kadang terhambat kemacetan lalu-lintas.

Latihan kesiapsiagaan itu dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Damkarmat Jogja, Bpk Octo Noor Arafat, S.IP., M.Si., serta Kepala Seksi Operasional Pengendalian dan Pemadaman Kebakaran, Bpk. Mahargyo, S.T.P., MM. Dalam beberapa kesemapatan Kepala Dinas Damkarmat sering mengungkapkan bahwa untuk menjadi pemadam kebakaran yang tangguh, latihan harus sering dilakukan, tidak hanya dalam kesempatan-kesempatan tertentu, bahkan setiap hari harus ada waktu untuk melakukan latihan agar siap sewaktu-waktu melakukan operasi pemadaman kebakaran.

foto : Icha