Damkarmat Jogja Gelar Latihan Tingkatkan Keahlian Pengoperasian & Perawatan PTO Pompa Mobil Pemadam

Kendaraan mobil pemadam kebakaran adalah perlengkapan yang vital bagi petugas pemadam kebakaran dalam bertugas melakukan pemadaman kebakaran. Kemampuan pengoperasian peralatan mobil damkar dan kelayakan kendaraan akan menentukan proses pemadaman.

Demi meningkatkan kemampuan petugas damkar dalam pengoperasian serta perawatan peralatan pompa air yang dibutuhkan dalam pemadaman, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan pengoperasian dan perawatan mesi PTO (Power Take-Off) pompa air di mobil damkar pada Jumat (26/8/2022) pagi di Mako Induk Balaikota.

Pelatihan tersebut diikuti oleh petugas pengemudi mobil damkar beserta pengemudi cadangan serta petugas perawatan kendaraan. Peltihan ini dipandu oleh instruktur yang merupakan mekanik dari salah satu perusahaan rekanan karoseri penyedian kendaraan damkar.

Dalam pelatihan ini petugas damkarmat mendalami kembali mengenai pengoperasian mesin PTO yang terhubung ke kendaraan masing-masing sebagai penyedia tenaga untuk alat pompa pemadam kebakaran. Selain itu, para petugas mendalami bagaimana cara pengoperasioan alat PTO yang benar serta perawatannya sehingga armada untuk pemadaman selalu dalam kondisi prima setiap saat karena kebakaran bisa terjadi setiap saat tanpa diduga.