Dua Unit Mobil Damkarmat Jogja Turut Bantu Pemadaman Kebakaran Gudang di Bantul

Dua regu petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan turut diminta melakukan bantuan back-up untuk melakukan pemadaman sebuah gudang mebel yang terletak di Pendowoharjo, Sewon, Bantul pada Rabu (31/8/2022).

Kebakaran dilaporkan terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, dan langsung ditangani pengampu wilayah, Damkar Kabupaten Bantul. Melihat cukup besarnya kebakaran yang terjadi, atas informasi Pusdalops BPBD Bantul, 2 unit mobil Damkarmat Kota Yogyakarta turut diturunkan untuk mempercepat proses pemadaman. Dua unit mobil masing-masing dari Pos Induk Balaikota dan Pos Jl Kyai Mojo langsung diturunkan.

Dua unit mobil Damkarmat Kota Yogyakarta yang diturunkan bersama satu unit mobil Damkar UGM mendukung dari lima mobil Damkar Bantul yang diterjunkan untuk pemadaman, sehingga total 8 mobil Damkar turun tangan melakukan pemadaman pada kebakaran yang cukup besar ini.

Kebakaran terjadi cukup besar karena bangunan yang berfungsi sebagai gudang mebel dan kerajinan berisi peralatan kerja dan bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kayu. Butuh waktu sekitar 3,5 jam untuk memadamkan kobaran api, dan api baru dinyatakan benar-benar padam pukul 4 pagi oleh petugas BPBD Bantul setelah proses pendinginan.

Beruntung dengan kerjasama yang baik elemen pemadam kebakaran di DIY, aparat kepolisian-TNI, relawan dan warga, api bisa dipadamkan dan tidak menimbulkan korban jiwa. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, sedangkan penyebab kebakaran masih didalami pihak yang berwajib.

Selalu waspadalah akan bahaya kebakaran di lingkungan kerja maupun tempat tinggal anda. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.