Damkarmat Jogja Bantu Pemadaman Kebakaran Hunian di Jalan Kaliurang

Sebuah kebakaran yang menelan korban jiwa terjadi pada Jumat (2/9/2022) dini hari di Kocoran, Caturtunggal, Depok, Sleman. Damkarmat Jogja turut dalam operasi pemadaman dan evakuasi korban.

Mendapat informasi adanya kebakaran yang melanda beberapa rumah, Satu regu pasukan Damkarmat Jogja membawa satu unit mobil Damkar langsung terjun bahu-membahu bersama Damkar UGM dan Damkar Sleman dalam proses pemadaman. Dalam waktu 90 menit api berhasil dipadamkan, meski begitu api sempat merambat hingga 3 bangunan.

Kebakaran diduga terjadi ketika penghuni terlelap, seorang penghuni terbangun mencium bau asap dan api sudah membesar, dua penghuni berhasil menyelamatkan diri, namun tiga penghuni lainnya diduga terjebak di lantai atas bangunan. Ketika api berhasil dipadamkan, petugas damkarmat bergegas melakukan evakuasi, 2 penguni dinyatakan telah meninggal dunia, sedangkan satu penghuni lainnya yang ditemukan masih hidup dinyatakan meninggal di rumah sakit. Sehingga total tiga penghuni yang meninggal merupakan S (59), selaku kakek, RI (40) merupakan Ibu, dan anaknya M (7). Diduga korban meninggal akibat kehabisan napas karena terlalu banyak menghirup asap kebakaran.

Penyebab kebakaran masih diselidiki kepolisian, namun dugaan sementara akibat korsleting listrik. Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan maupun  di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.