Damkarmat Jogja Gelar Latihan Penyelamatan di Hutan Bersama Basarnas

Para personil petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta melakukan latihan penyelamatan pada Selasa-Rabu (13-14/9/2022) di Kawasan Hutan Lindung Sermo, Kulonprogo. Para personil mendapatkan pelatihan dengan pemateri dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Yogyakarta.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil Damkarmat Kota Yogyakarta khususnya dalam kemampuan penyelamatan dan pencarian korban, dalam hal ini para personil dilatih untuk metode pencarian dan penyelamatan korban di medan yang sulit berupa hutan.

Terdapat dua materi utama yang dipelajari oleh para petugas Damkarmat, pertama mengenai cara penggunaan alat tracker GPS, yang berguna untuk mencari koordinat titik pencarian jika terdapat korban yang hilang. Materi kedua mengenai tali-temali untuk melakukan evakuasi korban dalam medan yang sulit.

Setelah mendapatkan materi teori dan praktek penggunaan GPS dan tali-temali rescue. Para peserta lantas difasilitasi oleh pemateri untuk melakukan simulasi pencarian korban dan evakuasinya di medan hutan. Dalam simulasi yang cukup menantang ini, peserta diharuskan menyusuri medan hutan yang sulit dan banyak rintangan untuk mencari titik evakuasi dan mencari korban, serta melakukan evakuasi dengan peralatan yang bisa aman bagi korban dan penyelamatnya.

Dengan diadakan pelatihan ini petugas Damkarmat Jogja sudah disiapkan untuk melakukan layanan kepada masyarakat berupa pencarian dan penyelamatan korban di berbagai medan.