Dalam Sehari, Damkarmat Jogja Bantu Atasi Tiga Kebakaran di Luar Kota

Selasa (20/9/2022) merupakan hari yang sibuk bagi pemadam kebakaran di Daerah Istimewa Yogyakarta, tiga kebakaran terjadi dalam waktu 24 jam pada hari tersebut. Dua kebakaran terjadi dalam waktu bersamaan di Kabupaten Sleman, sorenya terjadi kembali kebakaran yang cukup besar di Kabupaten Bantul.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta turut memberikan dukungan armada dan personil untuk membantu mempercepat penanganan kebakaran di luar wilayah Kota Yogyakarta. Pada kebakaran pertama laporan masuk pukul 9.15 terjadi di Japlakan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, 1 armada dari Pos Induk balaikota meluncur untuk membantu pemadaman. Dalam kebakaran yang terjadi di bangunan rumah tinggal  seluas 5x10 m tersebut dapat dipadamkan dalam waktu 30 menit melibatkanmobil Damkar Sleman 2 unit dan 1 mobil Damkarmat Kota Yogyakarta.

Dalam waktu hampir bersamaan, sebuah kebakaran juga terjadi pukul 9.55 di Ringinsari, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, satu regu dari Pos Jl Kyai Mojo ganti diterjunkan membantu pemadaman. Pemadaman kebakaran bangunan rumah ini membutuhkan waktu 75 menit dengan melibatkan lebih banyak armada, 1 dari Damkar Sleman, 1 armada Damkarmat Yogyakarta, 1 armada Damkar Bantul, serta 1 armada Damkar Klaten.

Selesai pemadaman, kedua armada kembali ke pos masing-masing. Sekitar pukul 13.30 kembali masuk laporan adanya kebakaran di Jl Parangtritis, Neco, Sabdodadi, Bantul. Kebakaran terjadi di sebuah gudang pengepul kertas, karena kebakaran terjadi melibatkan bahan yang mudah terbakar api cepat menyebar dan sulit untuk dipadamkan.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Yogyakarta diterjunkan membantu 3 unit mobil damkar dari Bantul, serta ditambah 1 mobil Damkar dari Sleman, sehingga total 7 armada damkar dikerahkan untuk memadamkan api. 

Penanganan api membutuhkan waktu 7 jam karena banyaknya kertas yang terbakar.  Proses pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam berlangsung hingga hampir tengah malam. Dengan kerjasama yang baik dari Damkar lintas wilayah dan dukungan relawan dan warga, api dapat dikendalikan sehingga tidak merembet ke pemukiman dan bangunan lainnya.

kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.