Damkarmat Jogja Amankan Ular Piton Saat Banjir di Sagan

Hujan deras yang terjadi pada Minggu (32/10/2022) menyebabkan sejumlah area di Kota Yogyakarta tergenang banjir. Meski begitu banjir tidak terlalu dalam dan hanya membuat jalan, halaman dan sedikit air masuk ke rumah warga. Dalam kondisi air menggenang masuk rumah, warga Sagan, Terban, Gondokusuman pada sore itu dikagetkan munculnya ular sanca berukuran cukup besar.

Warga lantas menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta pada sekitar pukul 5 sore untuk meminta bantuan evakuasi hewan yang ditakutkan membahayakan itu. Satu regu tim rescue dari Mako Induk Balaikota langsung meluncur ke lokasi untuk menangkap ular tersebut. 

Hujan deras dan air yang menggenang tidak memberikan hambatan berarti bagi proses penangkapan ular yang ketika akan ditangkap berada di atap rumah warga. Dengan menggunakan tangan dan stik ular, ular berukuran cukup besar sepanjang 2 meter dan sebesar lengan berhasil ditangkap meski sempat memberikan perlawanan kecil. Ular kemudian dibawa untuk diamankan di Mako Damkarmat Balaikota.

Ular piton meski tidak berbisa, dapat berbahaya jika membelit dan menggigit. Beberapa jenis ular tidak berbisa sebenarnya bisa ditangani sendiri warga dengan tetap berhati-hati dan menggunakan alat sederhana. Meski begitu, jika menemui ular yang berbisa maupun berbahaya seeperti piton  sebaiknya melibatkan orang yang memiliki keahlian agar tidak membahayakan diri. Jika tidak yakin tentang jenis ular yang dihadapi, ada baiknya tetap berhati-hati dan bisa menghubungi Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113