Pemadaman Kebakaran Panel Listrik pada Toko di Jalan Kusumanegara

Sebuah kebakaran kecil terjadi pada Selasa (11/10/2022) pada panel listrik milik toko roti yang terletak di Jalan Kusumanegara, Kota Yogyakarta. Kebakaran ini bisa dipadamkan dengan cepat oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Jogja.

Laporan kejadian diterima sekitar pukul 10.40, mengingat lokasi yang dekat dengan Mako Induk Damkarmat di Balaikota Yogyakarta, satu regu petugas pemadam kebakaran dengan cepat sampai ke lokasi. Ketika sampai di lokasi, terlihat kotak panel listrik yang terletak di halaman parkir toko berasap hitam dan terlihat lidah api ketika dibuka.

Mengingat kebakaran terjadi pada alat kelistrikan, media air tidak bisa digunakan. Karena itu petugas menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk memadamkan api. Dalam waktu singkat, api bisa dipadamkan dan terkondisi. Beruntung api bisa dipadamkan cepat sehingga tidak merembet dan menambah kerugian serta tidak menimbulkan korban jiwa.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Disarankan pada tempat usaha menyediakan APAR untuk mengantisipasi adanya kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.