Masuki Musim Penghujan, Evakuasi Ular oleh Damkarmat Jogja Meningkat

Memasuki bulan Oktober 2022, sekaligus permulaan musim penghujan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta mencatat meningkatnya kasus permohonan warga untuk mengevakuasi ular yang masuk ke rumah bahkan masuk ke kendaraan.

Kasus terbaru pada Selasa (11/10/2022) dalam sehari terdapat tiga permintaan evakuasi ular, dimulai pagi hari di timoho, kemudian malam harinya pukul 22.00, petugas melakukan evakuasi ular di rumah warga pada Jl Tamansiswa, kemudian pada pukul 23.10 permintaan juga datang dari warga di Banyuraden, Gamping untuk dilakukan penangkapan ular berukuran sedang.

Evakuasi tidak hanya terjadi pada ular yang memasuki rumah, beberapa kasus ular juga butuh dievakuasi karena masuk ke kendaraan, seperti yang terjadi pada Kamis (6/10/2022) dini hari, seekor ular piton berukuran cukup besar masuk ke dalam bodi sepeda motor dan membelit rangkanya, membutuhkan waktu 2 jam lebih untuk mengeluarkannya. Kemudian ular juga dievakuasi dari sebuah mobil yang datang langsung ke Mako Induk Balaikota pada Jumat (7/10/2022), ular kecil yang berjenis ular gadung tersebut ditemukan bersembunyi pada mesin.

Tercatat sudah ada 9 kali proses evakuasi ular oleh Damkarmat Jogja pada awal bulan Oktober ini saja. Angka tersebut lebih banyak dari total penyelamatan ular pada bulan Agustus dan September 2022 yang masing-masing 5 kali. Lebih rinci lagi, pada bulan Januari 5 kali, bulan Febriari 1 kali, Maret 7 kali, April 3 kali, Juni 7 kali, angka awal bulan ini menyamai total kasus bulan Juli. Kasus ular terbanyak tahun ini hingga saat ini masih tercatat pada bulan Mei sebanyak 13 kali evakuasi.

Jenis-jenis ular yang dievakuasi merupakan ular-ular yang sering ditemui di pemukiman, seperti ular cicak, ular koros, dan ular gadung. Dalam bulan ini ternyata juga terdapat ular piton berukuran sedang dan besar yang ditemukan. Diduga, ular-ular yang lebih sering berhabitat di sungai atau gorong-gorong masuk ke pemukiman saat hujan lebat dan sarangnya tergenang.

Kami menghimbau warga masyarakat untuk  waspada terhadap masuknya hewan liar yang tidak diinginkan ke rumah pada awal musim penghujan ini. Sebenarnya tidak semua ular berbisa. Beberapa jenis ular tidak berbisa sebenarnya bisa ditangani sendiri warga dengan tetap berhati-hati dan menggunakan alat sederhana. Meski begitu, jika menemui ular yang berbisa sebaiknya melibatkan orang yang memiliki keahlian agar tidak membahayakan diri.

Untuk menghindari masuknya ular ke rumah, jagalah selalu kebersihan rumah dari barang-barang berserakan yang bisa jadi tempat bersembunyi ular, bisa juga dengan memberi aroma wangi di tempat masuk rumah yang tidak disukai ular.

Jika tidak yakin tentang jenis ular yang dihadapi, ada baiknya tetap berhati-hati dan bisa menghubungi Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.Kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113