Petugas Damkarmat Jogja Berjibaku Tangkap Ular di Warung Sempit

Sebuah permintaan untuk menangkap ular diterima petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Jogja pada Rabu (19/10/2022) sekitar pukul 8.15 pagi. Permintaan datang dari warga yang melihat ular di warung yang terletak di Penumping, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta.

Satu regu tim rescue Damkarmat Jogja langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan penangkapan ular. Ular ternyata berada di sebuah warung dan bersembunyi pada barang-barang warung tersebut. 

Petugas harus berjibaku untuk menangkap ular berukuran sedang yang ternyata cukup lincah geraknya sehingga sulit untuk ditangkap. Terlebih banyak barang di warung yang terhitung sempit itu. Petugas memerlukan untuk menggeser beberapa barang dan etalase agar ular bisa terlihat dan ditangkap. Dalam waktu 15 menit saja, ular berhasil ditangkap dan dibawa ke Pos Damkarmat Jl Kyai Mojo untuk diamankan.

Memasuki musim penghujan, masyarakat dihimbau mewaspadai potensi bahaya seperti air meluap dan angin, selain itu masuknya hewan liar seperti ular ke dalam rumah juga perlu diwaspadai dengan menjaga kebersihan rumah dari barang-barang berserakan yang bisa dipakai ular untuk bersembunyi, bisa juga dipakai aroma wangi menyengat dekat pintu untuk menghindari ular masuk rumah.

Beberapa jenis ular tidak berbisa sebenarnya bisa ditangani sendiri warga dengan tetap berhati-hati dan menggunakan alat sederhana. Meski begitu, jika menemui ular yang berbisa sebaiknya melibatkan orang yang memiliki keahlian agar tidak membahayakan diri. Jika tidak yakin tentang jenis ular yang dihadapi, ada baiknya tetap berhati-hati dan bisa menghubungi Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113