Biawak Masuk Perumahan Diamankan Damkarmat Jogja

Tidak hanya kasus penangkapan ular yang ditangani Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damakrmat) Jogja terkait penyelamatan manusia dari reptil, pada Rabu (19/10/2022), petugas juga mendapatkan permintaan untuk evakuasi biawak yang masuk rumah.

Pukul 10.35, petugas mendapatkan permintaan dari warga yang berlamat di sebuah perumahan yang terletak di Ngestiharjo, Kasihan, berdekatan dengan Pos Damkarmat Jl Kyai Mojo. Satu regu tim rescue dari Pos Jl Kyai Mojo langsung meluncur ke lokasi. 

Biawak ternyata bersembunyi di belakang mesin cuci yang berada di dalam rumah. Dalam waktu 10 menit saja, petugas berhasil menangkap biawak yang berukuran kecil tersebut dengan tangan kosong.

Biawak sebenarnya tidak berbisa seperti beberapa spesies ular, namun reptil ini tetap memiliki potensi bahaya jika menggigit bagian tubuh dapat menimbulkan luka dan infeksi. Sehingga jika menemui reptil ini di rumah, tangani dengan berhati-hati atau bisa memanggil orang yang berpengalaman menghadapi reptil. 

Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya seperti evakuasi hewan terjebak, hewan berbahaya, maupun masalah membahayakan lain. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan penyelamatan dan pemadaman kebakaran gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113