Padamkan Kebakaran di Kafe, Lima Mobil Damkar Diterjunkan

Kebakaran tidak mengenal waktu, pada Minggu pagi (30/10/2022) sebuah kafe yang terletak di Jl Jenderal Sudirman, Cokrodiningratan,  Jetis mengalami kebakaran cukup besar yang menghanguskan bagian dapur. 

Laporan kebakaran kafe bernama Tanamera Coffee yang tepatnya berada di sebelah timur Tugu Jogja tersebut didapatkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Jogja pada pukul 8.30, empat armada mobil Damkarmat Jogja dikirimkan dibantu satu unit dari Damkar UGM untuk melakukan pemadaman. 

Kebakaran tersebut dapat dipadamkan setelah petugas berjibaku selama 40 menit. Kebakaran merusak dan menghanguskan bagian dapur kafe seluas sekitar 5x6 meter persegi. Kebakaran diketahui pertama kali oleh karyawan kafe yang melihat asap dari tumpukan kertas di dekat ruang dapur, setelah berupaya dipadamkan dengan APAR, namun api masih membesar dan meluas di dapur di mana terdapat bahan mudah terbakar. Penyebab pasti kebakaran masih diselidiki pihak berwajib atas kebakaran ini diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Beruntung api cepat dipadamkan sehingga tidak menimbulkan kerugian lebih besar dan tidak merembet ke bangunan lain. 

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Disarankan pada tempat usaha menyediakan Alat Pemadam Api RIngan (APAR) untuk mengantisipasi adanya kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.