Penangkapan Ular Oleh Damkarmat Jogja pada Bulan Oktober Tertinggi Sepanjang Tahun 2022

Jumlah aksi penyelamatan penangkapan ular oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta pada bulan Oktober 2022 tercatat tertinggi sepanjang tahun 2022. 

Dalam data yang dihimpun Damkarmat Jogja, tercatat sebanyak 17 kali proses evakuasi ular oleh Damkarmat Jogja pada bulan Oktober ini saja. Angka tersebut lebih banyak dari total penyelamatan ular pada bulan Agustus dan September 2022 yang masing-masing 5 kali. Lebih rinci lagi, pada bulan Januari 5 kali, bulan Febriari 1 kali, Maret 7 kali, April 3 kali, Mei 13 kali, Juni 7 kali.

Jenis-jenis ular yang dievakuasi merupakan ular-ular yang sering ditemui di pemukiman, seperti ular cicak, ular koros, dan ular gadung. Dalam bulan ini ternyata juga terdapat ular piton berukuran sedang dan besar yang ditemukan. Diduga, ular-ular yang lebih sering berhabitat di sungai atau gorong-gorong masuk ke pemukiman saat hujan lebat dan sarangnya tergenang, mengingat pada bulan Oktober beberapa kali kota Jogja diguyur hujan lebat.

Jumlah 17 kali penangkapan ular ini lebih banyak dari angka penyelamatan lain seperti penyelamatan kucing dan penangkapan sarang tawon masing-masing 7 kali, evakuasi cincin 14 kali, terdapat juga evakuasi musang dan anjing.

Pada bulan Oktober juga tercatat 6 kali dilakukan pemadaman kebakaran di dalam Kota Yogyakarta dan 4 kali bantuan ke luar kota. 6 kebakaran tersebut kebanyakan berskala kecil seperti dua kebakaran box panel listrik, dua kebakaran lahan kosong, dan dua kebakaran besar menimpa rumah makan dan juga toko.

Selalu waspadalah akan bahaya kebakaran maupun bahaya lainnya. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.