Damkarmat Jogja Adakan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Bersama éL Hotel Royalé  Malioboro

Salah satu peran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damakrmat) Kota Yogyakarta dalam menjalankan fungsinya mencegah dan menanggulangi kebakaran adalah dengan melibatkan elemen masyarakat untuk meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan menghadapi bahaya kebakaran.

Peran tersebut seperti dilakukan pada Senin (7/11/2022) dimana bersama éL Hotel Royalé Malioboro, Dinas Damkarmat Jogja membersamai kegiatan pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakakaran dan evakuasi. Simulasi tersebut merupakan puncak dari sesi pelatihan yang diselenggarakan sebelumnya di lokasi hotel untuk para karyawan yang menjadi Emergency Response Team (ERT) hotel dalam menghadapi situasi darurat termasuk kebakaran.

Sesi pelatihan dan diskusi yang dipandu oleh instruktur dari Damkarmat Jogja memberikan materi tentang pencegahan dan prinsip pemadaman kebakaran dan penanggulangan situasi darurat saat kebakaran. Diharapkan para karyawan yang memiliki tanggungjawab dapat melakukan fungsinya ketika terjadi kebakaran sehingga dapat menyelamatkan para pengunjung, karyawan, aset, dan bangunan hotel dengan lebih baik.

Dalam kegiatan simulasi bersama yang juga melibatkan tim dan armada pemadam kebakaran tim medis PSC 119 Kota Yogyakarta, kesigapan tim yang telah dilatih diuji untuk melakukan penanganan situasi darurat secara langsung, selain itu juga menguji kesigapan tim Damkarmat Jogja dalam melakukan evakuasi dan pemadaman dalam bangunan hotel bertingkat.

Dengan adanya latihan dan simulasi penanggulangan kebakaran oleh karyawan hotel, diharapkan elemen industri perhotelan mampu berperan melakukan pencegahan dan menanggulangi kebakaran dengan cepat, penanganan awal akan sangat membantu mengurangi kerugian karena kebakaran apalagi dilakukan oleh karyawan yang berada di lokasi, mengingat petugas pemadam kebakaran akan membutuhkan waktu untuk mencapai lokasi kebakaran. Dengan kadanya sistem proteksi kebakaran yang baik dan karyawan yang memiliki kemampuan penanggulangan kebakaran, diharapkan hotel juga lebih dapat dipercaya karena mampu memberikan perlindungan pada pengunjungnya.

Kepala Dinas Damkarmat Jogja, Bapak Octo Noor Arafat mengapresiasi inisiatif manajemen hotel untuk meningkatkan kemampuan penanggulangan bahaya kebakaran. Bapak Octo berharap semakin banyak hotel yang melakukan pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakaran dengan begitu kebakaran dapat ditanggulangi dengan lebih baik dan lebih cepat.