Evakuasi Ular Piton di Rangka Atap Rumah Warga Kampung Jogonegaran

Sebuah laporan dari warga masuk ke Damkarmat Jogja pada Jumat (18/11/2022) dini hari pukul 02.41 mengenai adanya ular piton besar yang dilihat warga berada di rangka atap rumah yang terletak di kampung Jogonegaran, Sosromeduran, Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

Satu regu tim rescue langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi ular yang dikhawatirkan membahayakan warga. Petugas menghadapi tantangan dimana ular berada pada usuk atau puncak rangka atap yang tinggi serta membelit pada kayu.

Petugas memerlukan menggunakan tangga untuk menjangkau ular dan perlu berhati-hati agar bisa melepaskan belitan ular pada kayu. Butuh waktu sekitar 20 menit bagi petugas akhirnya ular sepanjang sekitar 2,5 meter tersebut berhasil ditangkap. Ular kemudian dibawa untuk diamankan di Pos Damkarmat Jogja.

Ular piton meski tidak berbisa, dapat berbahaya jika membelit dan menggigit. Beberapa jenis ular tidak berbisa sebenarnya bisa ditangani sendiri warga dengan tetap berhati-hati dan menggunakan alat sederhana. Meski begitu, jika menemui ular yang berbisa maupun berbahaya seeperti piton  sebaiknya melibatkan orang yang memiliki keahlian agar tidak membahayakan diri. Jika tidak yakin tentang jenis ular yang dihadapi, ada baiknya tetap berhati-hati dan bisa menghubungi Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki peralatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113