Penangkapan Ular Sanca di Pekarangan Rumah Warga Klitren

Sebuah laporan mengenai permintaan penangkapan ular diterima petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta pada Rabu (23/11/2022) pagi sekitar pukul 05.15.

Warga melaporkan adanya ular besar yang terlihat di semak-semak pekarangan rumah warga tepatnya di kampung Sekardwijan, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta. DIkhawatirkan bisa membahayakan, warga kemudian menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta. 

Satu regu tim rescue Damkarmat Jogja langsung meluncur ke lokasi, ular sempat bersembunyi di semak-semak yang sulit terlihat petugas, namun setelah dilakukan pencarian akhirnya ular terlihat dan dapat ditangkap dengan cepat, ular berjenis sanca yang ditangkap berukuran cukup sedang dengan panjang sekitar 1,5 meter. Ular lantas diamankan oleh petugas ke Mako Induk Damkarmat Jogja.

Ular piton meski tidak berbisa, dapat berbahaya jika membelit dan menggigit. Beberapa jenis ular tidak berbisa sebenarnya bisa ditangani sendiri warga dengan tetap berhati-hati dan menggunakan alat sederhana. Meski begitu, jika menemui ular yang berbisa maupun berbahaya seeperti piton  sebaiknya melibatkan orang yang memiliki keahlian agar tidak membahayakan diri. Jika tidak yakin tentang jenis ular yang dihadapi, ada baiknya tetap berhati-hati dan bisa menghubungi Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki peralatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113