Angka Evakuasi Sarang Tawon oleh Damkarmat Jogja Melonjak di Bulan November 2022

Aksi penyelamatan yang dilkukan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta dalam bulan November mencapai jumlah yang tertinggi selama tahun 2022, dengan kasus terbanyak adalah evakuasi sarang tawon.

Tercatat sudah ada 459 kali aksi penyelamatan yang dilakukan Damkarmat Jogja selama tahun 2022. Pada bulan November tercatat sebanyak 60 kasus penyelamatan, ini yang tertinggi dalam tahun 2022, dibandingkan pada bulan Oktober yang hanya terjadi 48 kali aksi penyelamatan, sedangkan tertinggi kedua ada di bulan Januari dengan 58 penyelamatan.

Jenis aksi penyelamatan yang paling banyak dilakukan bulan November tercatat adalah evakuasi sarang tawon sebanyak 25 kali, diikuti pelepasan cincin yang sesak 19 kali, penangkapan ular 11 kali, penyelamatan kucing 4 kali, dan 1 kali penangkapan hewan lainnya yaitu biawak.

Evakuasi sarang tawon sendiri secara total dalam setahun juga menduduki jumlah aksi penyelamatan terbanyak dengan 209 kali dari 459 kali total semua aksi penyelamatan. Selain penyelamatan di bulan November juga tercatat dua kali pemadam kebakaran dalam kota pada kendaraan roda tiga di Demangan, Gondokusuman, dan pada kebakaran usuk rumah di Tegalrejo.

Melonjaknya permintaan evakuasi sarang tawon pada bulan November diduga dipengaruhi iklim puncak musim penghujan. Jenis sarang tawon yang dievakuasi hampir semua adalah tawon ndas, atau vespa affinis. Pada puncak musim penghujan kemungkinan tawon mencari tempat yang lebih aman untuk menempatkan sarangnya dari hujan dan angin sehingga membuat rumah atau pepohonan sekitar pemukiman jadi pilihan koloni tawon untuk membuat sarang.

Hal ini tentu menjadi kewaspadaan kita bersama, meskipun tawon adalah hewan yang kecil, kebanyakan spesies yang dievakuasi merupakan tawon ndas atau tawon vespa yang bisa membahayakan keselamatan bahkan nyawa manusia jika terganggu dan menyerang. Karena itu, petugas Damkarmat sudah melengkapi diri dengan pakaian khusus evakuasi tawon ketika bertugas, sehingga masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja ketika menemui kebakaran atau hal membahayakan lainnya yang membutuhkan bantuan petugas Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat Jogja siap 24 jam memberikan layanan, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis, alias tanpa biaya.

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113