Lima Kebakaran di DIY dalam Sehari Saat Pergantian Tahun 2022-2023

Pergantian tahun 2022-2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta diwarnai sejumlah kasus kebakaran yang diatasi oleh pasukan pemadam kebakaran antar wilayah di DIY. Tercatat terjadi lima kebakaran di DIY di mana petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta turut serta dalam pemadamannya.

pada Sabtu (31/12/2022) pagi kebakaran kecil pertama dilaporkan terjadi pada sebuah rumah kosan di wilayah Seturan, Condongcatur, Depok, Sleman, api dilaporkan terlihat pada atap rumah kosan, api dengan cepat dapat terkondisi dan tidak menimbulkan kerugian berarti.

Kebakaran kedua pada hari Sabtu terjadi cukup besar menimpa sebuah pabrik pakaian dalam yang terletak di daerah Jonggrangan, Bantul, sekitar pukul 10.00 pagi, kebakaran membakar pabrik seluas sekitar 4000 meter persegi ini membutuhkan waktu berjam-jam dalam pemadamannya, tiga armada dari Damkarmat Kota Jogja dikirim untuk membantu pemadaman, kerugian diperkirakan ratusan juta hingga milyaran rupiah, penyebab dari kebakaran ini masih dalam penyelidikan kepolisian.

Jelang malam pergantian tahun sekitar pukul 10 malam, terdapat laporan dari warga untuk memadamkan kebakaran dikarenakan kebocoran selang kompor gas, kebakaran kecil ini dapat diatasi dengan waktu yang singkat.

Usai pergantian tahun, pada hari Minggu (1/1/2023) pukul 01.57  WIB dini hari, kembali masuk laporan kebakaran yang terjadi pada sebuah hotel yang terletak di Jl Tentara Pelajar, Bumijo, Kota Yogyakarta. Kebakaran sempat menimbulkan kepanikan, mengingat masa tahun baru hotel dipadati para wisatawan yang menginap dan baru saja merayakan pergantian tahun. 

Kebakaran berasal dari genset yang terbakar pada ruang seluas 3x7 meter. Membutuhkan empat armada mobil pemadam hingga akhirnya api dapat dipadamkan dalam waktu sekitar 1 jam, tidak ada korban dalam kebakaran ini.

Terakhir, jelang merekahnya sinar mentari perdana di tahun 2023, pada pukul 04.00 WIB di Sorowajan Baru, Bantuntapan terdapat laporan kebakaran yang melanda atap rumah warga, beruntung api bisa segera dikendalikan dengan adanya 1 regu petugas Damkarmat Kota Yogya dan 1 regu Damkar Bantul yang turun. Dari informasi pemilik rumah api diduga dipicu oleh salah satu anggota keluarga yang bermain kembang api di dalam rumah sehingga percikan api mengarah ke atas dan membakar rangka kayu atap.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Disarankan pada tempat usaha menyediakan Alat Pemadam Api RIngan (APAR) dan sistem proteksi kebakaran gedung untuk mengantisipasi adanya kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.