56 Kebakaran di Kota Yogyakarta Tahun 2022, Mayoritas Dipicu Masalah Listrik

Sepanjang tahun 2022, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta menangani total 56 kasus kebakaran di dalam Kota Yogyakarta. Hampir separuh dari kasus-kasus kebakaran tersebut dipicu oleh masalah peralatan dan arus kelistrikan.

Secara rinci, dari 56 kasus kebakaran tersebut 27 atau 48% disebabkan masalah listrik, 11 karena kebocoran gas elpiji, 9 karena human error, dan sisanya lain-lain atau belum diketahui penyebabnya. Skala kebakaran bervariasi dari kebakaran berskala besar yang menghabiskan bangunan, maupun kebakaran kecil yang hanya merusak sebagian bagian bangunan maupun barang saja,

Sedangkan mengenai jenis bangunan yang terbakar, 20 diantaranya bangunan industri atau usaha, 18 bangunan perumahan, 11 berupa bangunan atau fasilitas umum, 6 kendaraan dan 1 lain-lain. Mengenai bangunan perumahan yang terbakar, 8 diantaranya yang berhak telah mendapatkan bantuan untuk rumah korban kebakaran dari pemerintah Kota Yogyakarta, dengan total bantuan sebanyak Rp. 59.600.000,-.

Kemantren Umbulharjo menjadi wilayah yang paling sering dilaporkan terjadi kebakaran dengan 15 kasus, mengingat kemantren ini memiliki wilayah paling luas. Disusul Kemantren Gondokusuman dan Mantrijeron yang masing-masing terjadi 8 kasus.

Dari semua kasus kebakaran di Kota Yogyakarta tahun 2022, tidak ada korban jiwa yang tercatat namun ada 4 korban yang mengalami luka. Selain melakukan pemadaman dalam Kota Yogyakarta, tercatat dilakukan pula 67 kasus kebakaran di luar Kota Yogyakarta dalam Provinsi DIY dimana Damakrmat Kota Yogyakarta turut serta menangani.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Pastikan peralatan dan jaringan kelistrikan di rumah atau tempat usaha anda dalam kondisi baik dan standar. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.