Tujuh Unit Mobil Damkar Dikerahkan Padamkan Kebakaran Kantor Bank di Wirogunan

Kebakaran besar terjadi pada Minggu (19/2/2023) menimpa sebuah kantor bank yang terletak di Jl. kapten laut samadikun 15, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, untuk memadamkan kebakaran yang cukup besar ini dibutuhkan tujuh mobil pemadam kebakaran dari Kota Yogyakarta dan Bantul.

Laporan didapatkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta sekitar pukul 15.10.WIB. Berdasarkan informasi api mulai disadari oleh petugas keamanan yang berjaga di kantor yang tengah libur sekitar pukul 14.40 dengan adanya alarm kebakaran yang berbunyi. 

Api diduga berasal dari komputer CS yang berada dalam kantor. Petugas keamanan kantor yang melihat api menyala langsung berupaya memadamkan api menggunakan APAR namun api dengan cepat membesar membakar barang-barang yang ada di ruang kantor bawah. Melihat api sulit dikendalikan, petugas Damkarmat Jogja langsung dihubungi.

Dibutuhkan waktu sekitar 150 menit untuk memadamkan kobaran api. Tujuh mobil pemadam kebakaran Damkarmat Kota Yogyakarta termasuk satu dari Bantul turut diterjunkan untuk memadamkan api.

Api menghanguskan lantai pertama dari 3 lantai bangunan seluas sekitar 20x20 meter persegi, dengan kerusakan sekitar 90 persen. Selian merusak bangunan dan barang-barang di dalamnya, panasnya api juga turut merusak empat mobil yang terparkir di kantor sehingga sebagian bodinya meleleh.

Kerugian yang diderita masih didata oleh pihak bank, diperkirakan milyaran rupiah kerugian yang diderita. Sedangkan mengenai penyebab kebakaran diduga karena masalah kelistrikan namun untuk penyebab pasti masih dalam penyelidikan kepolisian.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Disarankan pada tempat usaha menyediakan Alat Pemadam Api RIngan (APAR) dan sistem proteksi kebakaran gedung untuk mengantisipasi adanya kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.