Empat Orang Terluka dalam Kebakaran Tabung Gas di Kotabaru

Sebuah kebakaran tabung gas yang menyebabkan korban luka terjadi pada Senin (20/2/2023) sore di sebuah rumah makan yang terletak di Jl Abu Bakar Ali No. 20 Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Kejadian dilaporkan terjadi pada pukul 17.00 WIB, diduga api berasal dari kebocoran pada tabung gas ukuran 40 kg yang digunakan untuk memasak di rumah makan. Ketika tengah memasak api menyambar kebocoran gas dan menimbulkan nyala api dan merembet ke 8 tabung gas yang ada di lokasi.

Karyawan yang mengetahuinya mencoba memadamkan secara mandiri namun besarnya lidah api membuat empat orang terluka bakar ringan. Melihat api makin membesar, pihak rumah makan menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta. Dua mobil damkar diluncurkan untuk menanggulangi api.

Api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 40 menit. Kebakaran ini berada di pinggir jalan raya yang cukup ramai namun dengan bantuan kepolisian wilayah jalan dan sekitar area kebakaran dapat disterilkan untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan dan mempercepat proses pemadaman.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Disarankan pada tempat usaha menyediakan Alat Pemadam Api RIngan (APAR) dan sistem proteksi kebakaran gedung untuk mengantisipasi adanya kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.

 

 : Senin

TANGGAL : 20 Februari 2023

WAKTU KEJADIAN : 17.00 WIB

LOKASI : rumah makan makan Dimsum jl.abu bakar ali No20 kotabaru ,gondokusuman,kota Yogyakarta 

BERITA DITERIMA DARI : indra manager lap 083151768539 telpon mako induk

YANG MENDAPAT MUSIBAH : Rumah makan dimsum (ibu mey) pemilik

KORBAN : 4 orang luka bakar

OBYEK YANG TERBAKAR : 8 tabung gas 40 kg

LUAS YANG TERBAKAR :   2x2 m²

PENYEBAB KEBAKARAN : kebocoran tabung gas

HARTA YANG TERSELAMATKAN : (+-)rumah makan dimsum

KERUGIAN HARTA BENDA : (+-) belum diketahui karena manager belum bisa memastikan kerugian

KRONOLOGI : kebocoran tabung gas dan disebelah dapur kebetulan sedang memasak dan menyambar ke tabung gas, karyawan mencoba memadamkan secara mandiri tetapi malah tersambar lidah api dan 4 orang mengalami luka bakar

MOBIL YANG DI GUNUNAKAN :  AB 9101 AX, AB 9083 Ua

PERSONIL YANG BERANGKAT : 1 regu Mako induk 1 regu pos mojo

YANG TERLIBAT DI LOKASI : 
Damkarmat Yk 2 unit
Damkar Ugm
Polsek kota baru
Koramil kota baru
PSC kota Yk
Redkar Yk
Satlinmas
Relawan

WAKTU PENYELESAIAN : (+-)  40 men