Pemadaman Kebakaran Gudang Sekolah di Gowongan Kidul

Sebuah kebakaran dilaporkan terjadi pada Selasa (28/3/2023) di sebuah gudang sekolah SMK 7 Yogyakarta yang terletak di Gowongan Kidul JTIII No. 416, Gedongtengen, Kota Yogyakarta sekitar pukul 20.00 malam.

Beruntung api cepat dipadamkan dalam waktu kurang lebih 15 menit, dua mobil damkar diturunkan untuk melakukan pemadaman kebakaran ini. Diketahui api membakar beberapa barang di gudang yang berisi barang-barang bekas dengan luasan sekitar 4 meter persegi. Penyebab kebakaran sendiri masih belum diketahui.

Kebakaran gudang di lembaga pendidikan ini merupakan yang kedua di bulan Maret ini, sebelumnya pada Senin (13/3/2023) terjadi kebakaran pada barang-barang gudang milik kampus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) di Tahunan, Umbulharjo pada pukul 12 siang.

Api berhasil dipadamkan dalam waktu 20 menit dengan dua mobil damkar dan APAR yang dimiliki kampus. Diduga kebakaran disebabkan oleh bara api puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha, termasuk lembaga pendidikan. Disarankan pada tempat usaha dan lembaga pendidikan menyediakan Alat Pemadam Api RIngan (APAR) dan sistem proteksi kebakaran gedung untuk mengantisipasi adanya kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.