Pemadaman Kebakaran Lahan Bambu di Tegal Panggung

Kebakaran lahan terjadi pada Selasa (11/7/2023) siang di Tukangan RT16 RW04, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Kebakaran melanda rumpun bambu cukup banyak yang dikhawatirkan merembet ke pemukiman.

Kejadian dilaporkan pukul 11.48 WIB, diduga karena pembakaran sampah di sekitar lahan yang dipenuhi dedaunan kering dan rumpun bambu. Karena dekatnya pembakaran sampah dengan dedaunan kering yang mudah terbakar, api membesar dengan cepat. DIkhawatirkan api akan membesar dan membakar rumah di sekitarnya, warga menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta.

Dua unit mobil pemadam kebakaran Kota Yogyakarta ditambah satu unit bantuan dari Damkar UGM terjun ke lokasi untuk memadamkan api. Dalam waktu sekitar satu jam, api yang membakar area sekitar 80 meter persegi berhasil dipadamkan.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Waspadalah jika melakukan pembakaran sampah, jauhkan nyala api dari dedaunan kering dan kayu atau bahan yang mudah terbakar, selalu awasi hingga api padam. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.