Pemadaman Kebakaran Kios di Kemantren Kraton

Kebakaran kedua dalam sehari pada Kamis (13/7/2023) terjadi dengan lokasi Jl. Polowija, Komplek Ndalem Mangkubuwono, Kadipaten, Keraton, Kota Yogyakarta menimpa kios yang berisi usaha penjual bakwan kawi dan binatu.

Kebakaran dilaporkan terjadi pada pagi hari pukul 07.00 WIB, dua unit mobil pemadam kebakaran segera diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Kebakaran yang membakar area sekitar 6,5x3 m² dapat dipadamkan dalam waktu 25 menit. Satu warga dilaporkan mengalami sesak napas dan segera ditangani tim medis PSC YES 119.

Api diduga berasal dari kompor untuk memasak bakwan kawi yang dinyalakan namun ditinggal pergi. Api diduga membesar dan membakar gerobak bakwan kawi hingga membakar ruang kios dan sampai ke binatu yang ada di samping kios bakwan kawi.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.