Kebakaran Ketiga dalam Sehari, Hanguskan Rumah Enam Keluarga di Klitren

Kebakaran kembali terjadi di Kota Yogyakarta pada Kamis (13/7/2023) untuk yang ketiga kalinya dalam sehari, kali ini terjadi di kampung Kepuh GKIII/968 RT 50 RW 17, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Kebakaran kali ini menimpa hunian yang ditinggali oleh enam keluarga seluas kurang lebih 280 m². Kebakaran dilaporkan terjadi pukul 08.30 saat penghuni sebagian besar tidak berada di rumah karena bekerja atau beraktivitas. Api dilaporkan berasal dari ruang dapur salah satu warga. Tetangga dan kerabat yang melihat ada kobaran api spontan berupaya memadamkan api dan menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta.

Api membesar dengan cepat karena rumah warga yang masih berkerabat tersebut hanya tersekat tembok dan berada dalam satu atap. Untuk memadamkan api diterjunkan empat armada mobil pemadam kebakaran dari Damkarmat Kota Yogyakarta, serta masing-masing satu unit dari Damkar UGM dan Sleman, sehingga total berjumlah enam mobil Damkar. Api berhasil dipadamkan setelah petugas berjibaku selama hampir 2,5 jam.

Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah adanya korsleting listrik di area dapur yang kemudian menyambar tabung gas di dapur sehingga membuat api besar. Dua warga pingsan saat kebakaran ditangani oleh tim medis PCS YES 119. Kerugian dari kejadian ini masih ditaksir dan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran ini merupakan yang ketiga terjadi di Kota Yogyakarta dalam sehari Kamis (13/7/2023), sebelumnya kebakaran pertama terjadi di lapak pedagang Titik Nol Kilometer pada dini hari, pada pagi harinya kebakaran kedua terjadi di kios Jl Polowijo, Kraton.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.