Kebakaran Tumpukan Sampah di Mantrijeron Kembali Nyaris Sambar Rumah

Kebakaran tumpukan sampah yang membesar kembali terjadi untuk yang kedua kalinya dalam 24 jam di Kota Yogyakarta. Kali ini terjadi dengan lokasi Tirtodipuran, Mantrijeron, Kota Yogyakarta pada Jumat (8/4/2023).

Kebakaran dilaporkan terjadi pada pukul 11.00 WIB oleh warga. Kebakaran tersebut dilaporkan dipicu oleh pembakaran sampah yang menumpuk oleh warga di pekarangan rumah yang akhirnya merembet ke dedaunan kering dan kayu-kayu yang ada di sekitar sampah yang terbakar. Karena api makin membesar dan dikhawatirkan merember ke bangunan di sebelahnya, warga berusaha memadamkan dengan air yang peralatan seadanya.

Warga juga menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta untuk melakukan pemadaman. Ketika sampai di lokasi, api sudah mengecil oleh warga, sehingga petugas memastikan api padam dan melakukan pendinginan obyek terbakar. Api yang membakar obyek sampah dan kayu kayu seluas sekitar 6x7 m⊃2; dapat dipadamkan dalam waktu kurang dari 30 menit. Kebakaran ini merupakan kebakaran akibat pembakarran sampah yang kedua dalam sehari di Kota Yogyakarta, malam sebelumnya pada Kamis (3/8/2023) juga terjadi kebakaran lahan yang berisi tumpukan sampah di Pandeyan, Umbulharjo.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Mengingat bertambahnya volume sampah yang menumpuk, hindari membakar sampah secara sembarangan. Waspadalah jika melakukan pembakaran sampah, jauhkan nyala api dari dedaunan kering dan kayu atau bahan yang mudah terbakar, selalu awasi hingga api padam. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.