Pemadaman Kebakaran Tumpukan Sampah yang Tak Terkendali di Lapangan Panahan Kenari

Sebuah kebakaran karena pembakaran sampah yang apinya membesar kembali terjadi pada Selasa (8/8/2023). Kebakaran terjadi tepatnya di tumpukan sampah yang ada di area Lapangan Panahan Kenari, Jl Kenari, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Kebakaran dilaporkan terjadi pada pukul 16.15 WIB, satu mobil damkar dari Mako Balaikota yang dekat dengan lokasi kejadian langsung terjun untuk melakukan pemadaman. Kebakaran disebabkan karena pembakaran sampah yang menumpuk hingga kemudian api membesar dan dikhawatirkan dapat meluas dan membahayakan bangunan di sekitarnya.

Api yang membakar sampah dan rerumputan lahan seluas 6 x 3 m⊃2; dapat dipadamkan dalam waktu sekitar 70 menit. Kebakaran akibat pembakaran sampah yang menumpuk ini merupakan yang ketiga dilaporkan terjadi di bulan ini dengan lokasi Kota Yogyakarta, dapat dikatakan terjadi peningkatan kebakaran karena pembakaran sampah di Kota Yogyakarta.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Mengingat bertambahnya volume sampah yang menumpuk, hindari membakar sampah secara sembarangan. Waspadalah jika melakukan pembakaran sampah, jauhkan nyala api dari dedaunan kering dan kayu atau bahan yang mudah terbakar, selalu awasi hingga api padam. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.