Pemadaman Kebakaran Tumpukan Sampah di Bener

Pagi hari di permulaan bulan September, Pos Damkar Kyai Mojo Tegalrejo sudah didatangi warga yang meminta pertolongan untuk pemadaman kebakaran di dekat area bangunan milik pemerintahan di Bener, Tegalrejo.

Sekitar pukul 06.00 WIB pada Jumat (1/9/2023), dengana adanya warga yang melapor langsung direspon dengan penerjunan satu armada mobil damkar dan satu regu petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta. Petugas dapat meluncur ke lokasi yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari pos dengan cepat dan langsung melakukan pemadaman.

Api yang diduga berasal dari pembakaran tumpukan sampah di dekat Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta yang kemudian membesar dan meluas membakar rerumputan kering dan pepohonan di sekitarnya sehingga dikhawatirkan makin melebar dan membahayakan bangunan di sekitarnya. Kebakaran dapat teratasi dalam waktu kurang dari 30 menit.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Mengingat bertambahnya volume sampah yang menumpuk pasa penutupan sementara TPST Piyungan, hindari membakar sampah secara sembarangan. Membakar sampah di Kota Yogyakarta sangat tidak dianjurkan dan merupakan solusi terakhir agar tidak membuat polusi dan membahayakan lingkungan dengan kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.