Kebakaran  Tumpukan Sampah Limbah Aluminium di Giwangan

Kebakaran menimpa tumpukan sampah kembali terjadi pada Sabtu (16/9/2023) berlokasi di Jl Mendungan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Kebakaran tersebut membakar limbah alumium dan kayu milik industri yang terdapat di tempat tersebut.

Kebakaran dilaporkan terjadi pada pukul 13.10 WIB siang di lahan kosong yang menjadi tempat penumpukan limbah industri aluminium berisi limbah aluminium dan tumpukan kayu. Dua mobil damkar dari Damkarmat Kota Yogyakarta dikerahkan untuk memadamkan api agar tidak menyebar ke bangunan dan pemukiman, karena bahan yang terbakar, butuh waktu dua jam lebih untuk dapat memastikan api benar-benar padam.

Belum diketahui penyebab dari kebakaran tersebut , oleh warga yang melapor terlihat di lokasi api sudah menyala diikuti asap pekat dari tumpukan sampah tersebut. Api membakar area seluas kurang lebih 25 meter persegi. Beruntung api bisa dikendalikan dan tidak merembet ke bangunan.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Hindari membakar sampah secara sembarangan. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.