Pemadaman Kebakaran Tumpukan Kayu Karena Pembakaran Sampah di Bumijo

Kebakaran lahan karena pembakaran sampah kembali terjadi pada Jumat (29/9/2023) berlokasi di Bumijo Lor, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta. Kebakaran yang terjadi dilahan kosong berisi tumpukan kayu dan ilalang tersebut diduga dipicu pembakaran sampah yang ditinggal.

Laporan masuk ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta sekitar pukul 12.15 WIB. Satu regu dari Pos Jl Kyai Mojo diterjunkan untuk melakukan pemadaman kebakaran. Dalam waktu sekitar 25 menit, tumpukan kayu yang terbakar sekitar 36 meter persegi dapat dipadamkan apinya. 

Dari informasi warga, diduga penyebab kebakaran dikarenakan pembakaran sampah di lahan kososng tersebut yang berdekatan dengan tumpukan kayu. Api yang menyala pada sampah kemudian ditinggal dan tanpa diketahui merembet ke kayu di sudut lahan. Dikhawatirkan merembet ke pemukiman yang ada di sekitarnya, warga lantas menghubungi Damkaramat Jogja. Beruntung tidak ada korban luka dan kerugian yang berarti dari kejadian ini.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Hindari membakar sampah secara sembarangan. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.