Kebakaran Tumpukan Kardus Toko Perabot di Pakuncen Sebabkan Satu Orang Luka Bakar

Kebakaran terjadi pada Kamis (14/12/2023) menimpa sebuah toko perabot yang berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta pukul 12.45 WIB. Obyek yang terbakar merupakan tumpukan kardus yang berada di belakang gedung toko.

Kebakaran sempat menimbulkan kepulan asap yang menghebohkan warga sekitar dan penguna jalan. Pihak toko lantas menghubungi Damkarmat Kota Yogyakarta. Dua armada mobil damkar diturunkan untuk melakukan pemadaman. Dalam waktu 25 menit, api berhasil dipadamkan oleh petugas dan warga serta karyawan toko.

Kebakaran diduga bersumber dari percikan api yang muncul dari box panel listrik toko yang di bawahnya terdapat banyak tumpukan kardus sehingga cepat memicu api yang membesar.  Dalam kebakaran ini satu orang karyawan mengalami luka bakar ringan dan langsung dapat ditangani oleh petugas medis dari PSC YES 119 Kota Yogyakarta. Meski membakar tumpukan kardus, kebakaran juga merusak bagian gedung di mana terdapat panel listrik.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.